smatag-sby.sch.id

Info PPDB 205-2016

P E N G U M U M A N

Nomor  : 422.1/231/416-101.60/2015

Tentang

Pendaftaran Peserta Didik Baru ( PPDB )

Tahun Pelajaran 2015 -2016

 

A.        JALUR PENERIMAAN

1.     JALUR NIKOM

Jalur Nikom adalah jalur yang seleksi penerimaannya berdasarkan nilai komulatif dari nilai Ujian Sekolah dan nilai rata-rata raport kelas 4,5,6 masing-masing semester 1, meliputi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA dengan pembobotan NUS 50% dan rata-rata nilai raport 50% dengan ketentuan sbb :

a.      Jumlah peserta didik yang diterima melalui jalur Nikom paling sedikit 80% (delapan puluh persen ) dari pagu yang ditetapkan sekolah.

b.     Jumlah peserta didik yang diterima melalui jalur Nikom, terdiri dari calon peserta didik yang bertempat tinggal di dalam Kabupaten Mojokerto dan di luar Kabupaten Mojokerto dengan perbandingan :

v  Paling sedikit 85% (delapan puluh lima persen) untuk calon peserta didik yang bertempat tinggal di wilayah Kabupaten Mojokerto.

v  Paling banyak 15% (lima belas persen) untuk calon peserta didik yang bertempat tinggal di luar wilayah kabupaten Mojokerto.

2.     JALUR LPB

Jalur LPB adalah jalur yang seleksi penerimaannya berdasarkan lingkungan dan prestasi dengan tetap memperhatikan jumlah NUS kecuali yang berkebutuhan khusus.

a.      Jumlah peserta didik yang diterima melalui jalur LPB paling banyak 20% (Dua puluh persen) dari pagu yang ditetapkan sekolah.

b.     Peserta didik yang diterima melalui jalur LPB adalah anak kandung pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (karyawan) di sekolah tersebut, anak kandung penduduk desa lokasi sekolah, calon peserta didik yang memiliki prestasi dan calon peserta didik yang berkebutuhan khusus.

c.      Anak kandung pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (karyawan) sekolah penyelenggara PPDB  harus dibuktikan dengan SK Kedinasan, Kartu Keluarga, Akte kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk kedua orang tua, anak kandung penduduk desa lokasi sekolah harus dibuktikan dengan, Kartu Keluarga, Akte kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk kedua orang tua.

d.     Calon Peserta didik yang memiliki prestasi adalah calon peserta didik yang pernah berprestasi di bidang seni, olah raga dan akademik serendah-rendahnya Juara III Tingkat Kabupaten/kota  yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/kota atau lembaga resmi,  untuk tingkat provinsi serendah-rendahnya juara harapan II, untuk tingkat Nasional dan Internasional serendah-rendahnya Juara Harapan III, semuanya harus dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan asli.

e.      Komposisi jumlah peserta didik yang diterima antara anak kandung tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (karyawan) sebagaimana pada butir (b), anak kandung penduduk desa lokasi sekolah dan calon peserta didik berprestasi ditentukan secara proporsional, kecuali berkebutuhan khusus.

 

B.        PAGU PENERIMAAN

Pagu penerimaan peserta didik adalah jumlah peserta didik yang diterima pada kelas VII (tujuh) dalam proses penerimaan termasuk didalamnya peserta didik yang tinggal kelas / tidak naik kelas. SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto menerima peserta didik baru tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 320 peserta didik baru (10  rombongan belajar, masing-masing kelas 32 siswa).

 

NO

 

SEKOLAH

PAGU

 

DITERIMA MELALUI

 

ROMBEL

JML.

SISWA

NIKOM

(80 %)

L P B (20 %)

 

Anak kandung pendidik dan tenaga kependidikan, anak kandung penduduk desa lokasi sekolah, peserta didik berprestasi dan peserta didik berkebutuhan khusus

 

Tempat tinggal Mojokerto

85 %

Luar Mojokerto

15 %

Jml.

 

1.

SMPN 1

NGORO

10

320

218

38

256

64

 

 

C.        PENDAFTARAN

1.     Pola pendaftaran

a.      Pendaftaran penerimaan peserta didik tidak ada rayonisasi.

b.     Sekolah dapat melayani pendaftaran secara individu maupun kolektif

c.      Sekolah mengumumkan calon peserta didik yang sudah terdaftar dalam bentuk peringkat Nikom setiap hari selama waktu pendaftaran.