smatag-sby.sch.id

CATATAN PERJALANAN KE NEGERI JIRAN MALAYSIA

Dengan pesawat Asia Air kami mendarat dengan selamat di bandara Kuala Lumpur Malaysia pada pukul 15.00 wib atau pukul 16.00 waktu setempat ,  langsung disambut hangat oleh Pak Hasni sebagai director Adni Islamic School Malaysia .Nampaknya telah tersedia kendaraan untuk membawa kami rombongan yang terdiri dari SMP Negeri 1 Ngoro, SMP Al Hikmah Surabaya, SMP Al Falah Surabaya dan SMP Muhammadiyah 5 Surabaya menuju ke tempat tujuan. Dalam perjalanan kami singgah di rumah makan ,sejenak melepas penat dan lapar sekaligus sholat Ashar bersama. Selanjutnya kami menikmati perjalanan  kota Kuala Lumpur yang sejuk ,nyaman ,tenang,  dan indah. Sebab disana sini banyak terlihat bangunan yang menjulang tinggi terutama apartemen- apartemen yng semula kami kira bangunan Hotel ternyata pemukiman penduduk yang tertata rapi dan tak pernah terlihat bangunan  liar / kumuh walau di sudut-sudut pinggiran kota.Demikian pula pohon-pohon tumbuh secara alami dan terpelihara dengan baik ,tak heran jika banyak burung-burung liar  seperti Gagak ,Elang, Jalak dll. berkeliaran di keramaian tengah kota. Sekitar pukul  20.00  waktu setempat kami tiba di penginapan yaitu asrama mahasiswa Universitas Tehnologi Malaysia  ( UTM ) Kuala Lumpur yang kebetulan mahasiswa  libur semester. Di  sinilah tempat kami bermalam selama dua pekan disamping semalam kami tinggal di kediaman foster parent, Selangor.

            Keesukan harinya merupakan hari kedua ,sejuta bayangan dan harapan selalu hadir bagaimana model pendidikan disini dan bagaimana dapatnya  memperoleh pengalaman belajar sebanyak mungkin  .Barang kali inilah yang memotifasi kami selalu merasa semangat dan optimis  ,meski harus bangun pukul 03.00 malam untuk sholat tahajjut dan baca Al Qur`an sebagaimana  kometmen bersama sebelumnya selama kegiatan berlangsung sekaligus memberi pembelajaran bagi para siswa . Test dan training bahasa Inggris merupakan kegiatan yang pertama kali berlangsung di Kampus UTM dibimbing langsung oleh Mr. Hasni , Miss Aulia dan Miss Shofi  guru Adni Islamic School   berjalan sampai pada hari yang ketiga.

            Tibalah saatnya berkunjung ke Adni Islamic School di Selangor yang merupakan sekolah internasional berlandasan Islam ,jaraknya sekitar 3 km dari tempat penginapan. Dengan penuh kehangatan dan kekeluargaan kami diterima di tengah-tengah keluarga besar Adni Islamic School.Nuansa agamis dan internasional sangat terasa ,sebab para siswa dan guru terdiri dari berbagai bangsa;  ada Cina ,Philipina ,Pakistan, India,Yaman,Yordania, Negeria, Swedia , Kanada dll. Yang tentunya bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan sehari-hari.  Mr. Hasni sebagai directornya pertama-tama memperkenalkan konsep pendidikan Adni Islamic School yang dikenal dengan nama Integrated Holistic System ( IHS ) atau system pendidikan yang terpadu dan menyeluruh  melalui LCD di ruang pertemuan. Kemudian dilanjutkan dengan rama tamah pada semua warga sekolah serta observasi kesemua sudut ruangan dankelas.Dipandu oleh Mr. Hasni kami diperkenalkan semua guru dan staf . Yang menarik meskipun berasal dari latar belakang suku bangsa yang berbeda ,kedisiplinan dan kebersaman selalu mewarnai dari seluruh aspek kegiatan misalnya; pada waktu makan siang siswa dari tingkatan elementary secara teratur berbaris antri ke kantin sekolah, kemudian disusul siswa Junior high School, Senior High School dan terakhir para dewan guru. Selanjutnya Sholat Dhuhur berjamaah disertai tausyiah untuk mempertebal keimanan dan kedisiplinan.

Meskipun ruangan  kelas tak begitu luas ,karena setiap kelas hanya terdiri sekitar 20 siswa dan bangunan gedung tak begitu mewah, namun aktivitas belajar berjalan begitu semangat, mengingat sarana dan prasarana cukup lengkap dan memadai ,ruang multi media ,perpustakaan ,laboratorum MIPA dan dilengkapi CCTV di setiap sudut ruangan melengkapi kegiatan belajar mengajar .

            Kesempatan yang baik ini tak disia-siakan oleh rombongan student exchange  untuk ikut belajar bersama di ruang kelas. Siswa SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto, Al Falah, Al Hikmah dan Muhammadiyah 5  Surabaya mendapat kesempatan yang sama   .Disinilah siswa banyak mendapat pengalaman yang berharga misalnya dalam  pembelajaran berorientasi pada siswa , sehingga siswa benar-benar  aktif dalam belajar, cuma siswa negro biasanya lebih banyak berulah.Dalam konsep pembelajaran  Integrated Holistic System ( IHS )bukan semata-mata nilai hasil belajar yang diharapkan, tetapi lebih mengedepankan  apa yang bisa dikerjakan oleh siswa . Demikian apa yang dikatakan oleh Mr.Hasni . Adapun ujian akhir sekolah ditempuh melalui ujian sekolah, ujian Negara dan ujian internasional yang berafiliasi dengan university of Cambridge Inggris .Memang kebanyakan sekolah-sekolah disana menggunakan ujian Cambridge sebagai acuan ujian internasional.Hal ini pernah kami observasi di beberapa sekolah lain.

            Pada hari libur kami berkesempatan pelesir ke Science center, merupakan pusat museum ilmu pengetahuan dan technologi yang menggambarkan perkembangan kemajuan sejak jaman dahulu sampai sekarang, dari Plato, Galileo, sampai Bill Gate dengan technologi Informatika nya yang tertuang dalam sebuah bangunan yang cukup besar megah dan indah ,sangat cocok untuk study lapangan bagi peserta didik dan pecinta ilmu pengetahuan alam.Apalagi di Petro Science satu komplek dengan Petronas  merupakan pusat perbelanjaan dan kebanggaan orang Malaysia tentu lebih modern dan prestitius .  Kalau di Indonesia seperti di Jatim Park atau Dufan Ancol ,tetapi masih jauh lebih lengkap dan modern. Tak ketinggalan Center Market atau pusat pasar seni kami jelajahi sekedar cuci mata atau berbelanja  ala kadarnya. Sebab umumnya harga barang- barang dagangan relative mahal .

Arus lalu lintas relative lancar,sebab Train dan Bus kota yang merupakan alat transportasi serba digital Penumpang cukup membayar ongkos melalui computer ,demikian pula bila parkir kendaraan. Jadi tidak diperlukan lagi juru parkir.Boleh jadi Malaysia sudah menjadi Negara modern bukan lagi sebagai Negara berkembang.Tak kalah menariknya  adalah pusat pemerintahan terletak pada satu komplek di Patra Jasa. Seluruh kementrian berada dalam satu area yang sangat luas dan megah lengkap dengan bangunan Masjid yang artistic. Syareat Islam sangat dipegang teguh oleh Negara ,meski penduduk muslimnya tak lebih dari 65 %

            Konon ceritanya orang Malaysia dahulu banyak yang belajar ke  Indonesia ,UGM dan  UI . Sekarang nampaknya terbalik . Sungguh ironis ! Apa mau dikata ,inilah faktanya, harus diterima dengan lapang dada ,meski dalam hati berkata   “ Hannnnculingggg “ .     InsyaAllah  melalui RSBI bangsa Indonesia akan mampu mensejajarkan diri dengan Negara-negara maju lainnya bahkan melebihi. InsyaAllah dengan RSBI  ,SMPN 1 Ngoro akan mampu lebih banyak berbicara di forum-forum internasional . Dan InsyaAllah lewat study exchange semakin membuka mata dan hati kita melihat dengan jernih kelebihan orang lain, meskipun untuk sementara harus angkat topi buat Malaysia .

                                                                                                                  

 

                                                                                                              Ngoro, Desember 2010